Review ROG Strix GL703GM Scar Edition

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Laptop Gaming 17 inci Coffee Lake Bermonitor 144Hz

 

Skyepod – Asus ROG Strix GL703GM Scar Edition merupakan line-up laptop gaming ROG dari Asus, untuk pengguna yang membutuhkan bentang layar 17 inci. Yang membedakan dari versi Kaby-Lake sebelumnya, ada pada spesifikasi layar yang kini menawarkan refresh-rate 144 Hz. Apa kelebihan laptop ini dari kompetitor sejenis merek lain? Dan apakah kelebihan tersebut cocok dengan kebutuhan kamu? Simak pendapat singkat redaksi Skyepod tentang ROG Strix GL703GM Scar Edition berikut.

 

Spesifikasi

 

spesifikasi LCD ROG Strix GL703GM Scar Edition

 

Media penyimpanan yang sudah mengkombinasikan SSD jenis PCIe dan SSHD, juga wireless adapter yang sudah menawarkan fungsi multi-stream (2x), adalah dua hal yang menonjol dari sisi spesifikasi selain spesifikasi layar.

 

Asus ROG GL703GM Specification-dimension

 

Seri Strix GL merupakan produk seri menengah di line-up produk ROG. Jadi jangan berharap kehadiran Gsync, koneksi Thunderbolt 3 atau sistem pendingin berteknologi Vapor-Chamber di sini.

 

ROG Strix GL703GM Design-Dimension

 

Tapi ada beberapa fitur yang awalnya, hanya ditemukan pada seri tertinggi laptop-laptop ROG, yang kini, bisa ditemukan pada ROG Strix GL703GM Scar Edition ini. Contohnya, LCD 144Hz yang kita sudah sebut di atas dan dust-tunnel – sebuah celah khusus yang ditempatkan pada kedua lubang buang udara panas, agar debu yang berhasil didorong keluar oleh putaran kipas, tidak kembali terhisap masuk kedalam.

 

Desain

 

 

Dibanding versi terdahulunya, GL703GM ini hadir lebih ringkas karena Asus merampingkan bingkai LCD laptop ini hingga mereduksi ukuran keseluruhan. Selain lebih ringkas, laptop ini juga memiliki dimensi yang lebih tipis. Walaupun masih jauh lebih tebal dari MSI GS series, apalagi Gigabyte Aero.

 

Asus ROG GL703GM Design-LCD-Cover

 

Untuk permukaan sasis, bagian cover LCD menggunakan bahan logam dengan tekstur brushed aluminum. Sedangkan sisanya, mengandalkan plastik tapi dengan tekstur karbon 3D khas Scar Edition.

 

 

ROG Strix GL703GM Scar Edition-Upgrade-option

 

Bagian bawah atau bottom-case, masih akan anda temukan permukaan yang plastik banget. Ciri khas seri ROG kelas menengah. Seperti seri Strix lainnya, pengguna akan diberikan Access-door untuk mempermudah proses upgrade komponen. Apa saja yang bisa di upgrade, kamu bisa lihat kan?

 

Layar dan Audio

 

ROG Strix GL703GM Scar Edition-LCD3

 

Untuk kategori laptop gaming dengan LCD 17.3 inci, resolusi 1080p yang ditawarkan sudah terlalu mainstream. Tapi jika melihat spesifikasi kartu grafisnya yakni Geforce GTX 1060 6GB GDDR5, memang belum diperuntukan untuk resollusi 4K.

 

ROG Strix GL703GM LCD specsheet

 

Selain refresh-rate 144 Hz, panel buatan AUO dengan seri AUO329D – B173HAN03.2 ini menawarkan respons-time 3 ms dan kecerahan layar sedikit lebih tinggi dari kompetitor. Tapi sisi negatifnya, pengguna dapat melihat lebih banyak bleeding pada LCD.

 

ROG Strix GL703GM Bottom-Cover

 

Speaker dibuat mengarah ke samping (Side-Firing) dengan tujuan membuat penyebaran suara lebih luas dibanding speaker yang dibuat menghadap ke bawah (Down-Firing). Asus cukup baik memaksimalkan ruang resonansi pada sasis 17 inci GL703GM ini. Hasilnya, pengguna bisa mendengar jelas semua frekuensi mulai dari treble hingga bass.

 

Workstation

 

Asus ROG GL703GM Workstation-backlit

 

Keyboard pada ROG Strix GL703GM Scar Edition ini menawarkan beberapa fitur pendukung gaming baik secara fiisik maupun software. Di sisi fisik atau hardware, bisa kamu lihat permukaan keycap yang dibuat cekung dengan tujuan memberi fungsi anti-slip.

 

Workstation-Keyborad-KeyTravel

 

Dimensi keycap mungkin bukan yang terlalu besar, juga kecerahan backlight masih kalah mencolok dibanding produk laptop MSI. Tapi yang saya sukai, bekerja di atas keyboard GL703GM ini sangatlah senyap.

 

Asus ROG GL703GM Workstation-touchpad

 

Trackpadnya mendukung precision touchpad yang mendukung multi-gesture hingga 3 jari, untuk berbagai fungsi dan jalan pintas. Akurasi dan sensifitasnya cukup baik. Untuk tombol klik kiri dan klik kanan, juga sama senyapnya dengan keycap keyboard. Tapi, finishing doff membuat jejak minyak yang tertingal, tampak sangat jelas.

 

Performa

 

ROG Strix GL703GM FC5-Benchmar

 

Saya belum bisa memberi banyak kesimpulan untuk performa keseluruhan GL703GM ini. Tapi dari uji singkat lewat tes memainkan beberapa judul game AAA, paduan Intel core i7-8750H dan Nvidia Geforce GTX 1060 6GB pada ROG GL703GM Strix Edition ini, menjanjikan frame-per-second rata-rata 50 FPS ke atas.

 

ROG Strix GL703GM FireStrike

Di beberapa tes looping, CPU Clock, drop cukup jauh tanpa Fan Overboost

 

Untuk kemampuan terbaik saat laptop ini anda gunakan bermain game dalam jangka waktu lama, kami sarankan anda selalu aktifkan Fan Overboost–Fitur dalam ROG Gaming center, yang akan membuat kipas berputar pada kecepatan terbaiknya. Konsekwensinya, sebaiknya anda gunakan headset untuk membuat fokus anda tetap pada permainan.

 

ROG Strix GL703GM Power-Adapter

 

Baterai berkapasitas 76 Wh menurut saya bukan sesuatu yang wah, apalagi pada sebuah laptop 17 inci. Tapi kemampuannya, mampu membuat laptop ini bertahan hidup tanpa asupan listrik minimal 4 jam untuk penggunaan non-gaming.

 

Kesimpulan

 

Kualitas layar dan audio yang baik, dimensi yang ringkas untuk sebuah laptop 17 inci, dan kemudahan upgrade komponen, mungkin akan disukai calon pengguna yang membutuhkan desktop-replacement berlayar 17 inci untuk bekerja mobile.

 

ROG Strix GL703GM Scar Edition-max-open-lid

 

Jarak antara lubang antarmuka (I/O) yang proposional, ROG Gaming Centre yang menyatukan semua fitur gaming, adalah dua hal yang sangat membantu selama menggunakan laptop ini.

 

Unique

 

ROG Strix GL703GM Scar Edition-power-requirement

 

Dari kacamata gamer enthusiast, penyematan teknologi refresh-rate 144 Hz dan respons time 3 ms pada panel monitor, mungkin masuk prioritas kedua setelah G-Sync. Apalagi, level kekuatan Geforce GTX 1060 yang akan sangat terbantu dengan fitur yang ditawarkan G-Sync. Juga, image Scar Edition yang menargetkan gamer FPS sebagai calon pengguna.

 

ROG-Strix-GL703G-Scar_edition-SKU-option

 

Untuk anda yang sangat mengharapkan G-Sync, anda bisa pilih versi GL703GS, yang menawarkan performa Geforce GTX 1070. Tapi tipe yang satu ini, belum bisa kami konfirmasi, kapan akan di jual di pasar Indonesia.

 

ROG-Strix-GL703GM-Scar-Edition-Sales-package

 

Peminat laptop gaming 17 inci memang jauh lebih sedikit dibanding peminat laptop gaming 15 inci. Karena target penggunanya memang mereka-mereka yang lebih antusias. Dan menurut saya, dimensi GL703GM yang lebih ringkas, akan menaikan nilai tambah produk ini, khususnya untuk calon pengguna yang lebih banyak mobile.

 

(+) Layar responsif dengan akurasi warna tinggi

(+) Dimensi yang lebih ringkas dibanding produk 17 inci lain sejenis

(+) Network Adapter multi-stream (2×2)

 

(-) Bleeding yang cukup banyak pada LCD

(-) Hanya ada 1 slot memori

 

Review ROG Strix GL703GM Scar Edition-Score card[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]