Review HP JOY 2 JD.id (HP 14-CM0091AU)

AMD memang terkenal rajin mengisi mempersenjatai produk-produk komputer portabel kategori mid-to-low hingga saat ini. Salah satu buktinya adalah produk yang akan Skyegrid media ulas kali ini yaitu, HP 14 CM0091AU atau kita sepakati saja menyebutnya HP Joy 2 agar lebih mudah.

Hal lain yang menarik dari produk laptop bertenaga AMD biasanya adalah performa kartu grafis terintegrasi-nya (onboard) yang menarik. Selain kemampuan processing yang semakin baik dari generasi ke generasi.

  • Overview – Desain, material dan build quality

Untuk mempersingkat ulasan kali ini, Saya tidak akan membahas sejarah kenapa ada angka 2 pada nama produk ini. Yang wajib kamu tahu, produk ini, atau setidaknya produk HP 14 dengan spesifikasi ini, hanya bisa kamu dapatkan di JD.id.

Saya bisa katakan, HP 14 walau menawarkan hadir dengan banyak opsi spesifikasi, punya desain sasis, dimensi dan bobot hingga material yang identik. Walaupun beberapa diantaranya, hadir dengan pilihan warna berbeda.

Material yang digunakan adalah plastik yang difinishing dengan tekstur silky dengan dua (2) kombinasi ornamen, silver metalik di bagian sasis luar, dan serat kayu pada bagian workstation. Tapi walaupun plastik, pihak HP tetap saya mempertahan standar yang saya berani jamin, kamu gak akan temui pada produk laptop selevel dari merek lain. Rigid, minim flex walau agak kurang presisi dibeberapa celah pertemuan sasis.

  • Spesifikasi dan Harga HP Joy 2

Pihak JD.id cukup tepat meramu spesifikasi dan harga HP Joy 2 ini hingga terlihat sangat menarik. Dengan mengedepankan penggunaan SSD yang notabene, sangat dibutuhkan untuk menggunakan sistem operasi Windows 10 asli yang termasuk dalam paket pembelian. Banderol 3,9 jutaan (termasuk bonus Mouse HP senilai 150 ribu), jelas sangat menarik untuk kalangan pelajar hingga karyawan swasta dengan gaji tahun pertamanya.

Pemilihan prosesor AMD dengan kartu grafis Radeon R3 terintegrasi di dalamnya, semakin menjadikan HP Joy 2 opsi teratas untuk calon pengguna yang berharap lebih dari sekedar mengerjakan tugas-tugas sekolah maupun kuliah di sebuah laptop. Untuk bermain game misalnya. Pertanyaannya, mampukah Radeon R3 dan RAM 4GB menyokong HP JOY 2 ini menjadi mesin gaming? Ikuti terus artikel review HP Joy 2 ini.

Baca juga : Review HP Notebook 14 Ryzen 5 (CM0078AU)

  • I/O, Konektifitas dan Upgrade Option

Untuk ukuran laptop 3 jutaan, saya pribadi cukup puas dengan deretan I/O yang ada pada HP JOY 2. Hanya saja jika port USB type-C turut hadir, pasti jadi nilai lebih tersendiri buat saya. Penempatan dan jarak antar port juga cukup OK walau bukanlah yang terbaik yang pernah saya temui.

Sebagai informasi, HP JOY 2 hanya menawarkan 1 slot So-DIMM yang sudah terpasang sekeping RAM 4GB DDR4 pc 2666 MHz. Nampaknya memang disengaja tak menghadirkan slot DIMM ke dua (2) karena memang prosesor tak mendukung dual channel.

SSD yang terpasang ternyata jenis m.2 SATA buatan Samsung dengan seri, MZNLN128HAHQ-000H1. Sebab tidak menawarkan slot m.2 terpisah, jadilah SSD ini menancap di slot 2,5″ dengan bantuan adapter. Jadi kedepannya, pengguna dengan sangat terpaksa, harus menggusur SSD bawaan jika berniat menambah kapasitas penyimpanan.

  • Layar dan Workstation

Tidak ada yang spesial di kedua area ini selain webcam yang sudah mendapat fitur optimasi dan touchpad yang memiliki dedicated button. HP Joy 2 menggunakan layar HD 768p jenis TN buatan Chinmei dengan seri CMN14C4.

Panel ini punya akurasi warna 65% sRGB dan 49% AdobeRGB dengan brightness yang baik di angka 220 NITs. J ika saja memiliki lapisan matte, panel ini cukup membantu jika kamu terpaksa bekerja di luar ruangan atau tempat dengan cahaya berlebih. Sayangnya, jika saya perhatikan lebih seksama, bleedingnya cukup massive.

  • Audio

Speaker out pada HP JOY 2 ini berada di bagian atas keyboard dan diposisikan menghadap ke atas. HP tak membekali JOY 2 ini dengan hardware speaker dari spesialis audio tertentu. Untuk membuat suara dari speaker sedikit bernada, kamu bisa lakukan beberapa pengaturan yang tersedia pada utility HP Audio Switch.

Setelah melakukan beberapa pengaturan, detail suara yang keluar membuat saya cukup senang. Suara bass terdengar cukup empuk walau sayangnya, pengaturan di HP Audio Switch ini tak banyak meningkatkan power suara yang keluar. Tapi untuk ruang kecil yang senyap, output speaker laptop ini cukup menyenangkan.

  • Performance & User Experience

AMD A4-9125 memiliki base clock speed 2,3 GHz yang tergolong tinggi untuk sebuah SoC ber-TDP 15 Watt. Sayangnya, L2 Cache-nya hanya 1MB hingga membuat proses komputasi prosesor ini dalam melahap pekerjaan multi-tasking nampak tersendat.

Walau sudah dibekali SSD, user experience menggunakan HP JOY 2 ini tidak langsung smooth seperti dugaan awal. Kapasitas RAM yang hanya 4GB, seringkali tak pernah sepi muatan hingga membuat load time kurang responsif.

Keadaan makin memburuk saat makin banyak aplikasi yang terinstal. Untuk kamu yang terbiasa dengan komputer berspesifikasi tinggi, saran saya, jangan menunda untuk menambah kapasitas RAM.

Gaming

Pada pengujian Cinebench R15 OpenGL, AMD Radeon R3 Graphic yang ada dalam AMD APU A4-9125 punya performa overall sedikit di atas Geforce 920MX. Ini artinya, game-game kompetitif seperti CS:GO, DoTA II, hingga Overwatch masih playable menggunakan Radeon R3 graphics ini. Walau untuk menjamin FPS yang stabil, kamu harus turunkan ke resolusi 720p.

  • Cooling System & Emision

Dua buah core pada A4-9125 sejauh saya perhatikan bukan tipikal SoC yang agresif melepas panas. Di sini saya acungi jempol untuk performa IPC (Instruction per Clock) prosesor prosesor terbaru AMD yang sudah semakin baik. Efeknya, daya yang terbuang percuma menjadi panas semakin minim.

Otomatis, HP tak perlu terlalu mengeluarkan effort besar untuk menciptakan sistem pendingin yang masif untuk mendinginkan prosesor. Kipas yang disertakanpun berukuran kecil dengan kemampuan putar rendah yang membuatnya sangat senyap.

Power Management

HP JOY 2 dibekali baterai berkapasitas 42 Wh dan power adaptor berdaya 45 Watt. Agak disayangkan, beberapa kali melakukan pengujian PCMark 8 battery test, benchmark selalu berhenti ditengah jalan. Akhirnya, saya mencoba memutar video secara terus menerus pada laptop ini dengan hasil, baterai habis dalam waktu 3 jam 10 menit.

  • Kesimpulan

Desain dan handling serta IO Port selection nya OK. Workstation termasuk touchpad juga nyaman. Diajak berpindah-pindah ruang kelas ataupun ruang meeting, ni laptop bobotnya tidak akan menyakiti punggung kamu. Bicara menyakiti, harga berbanding spesifikasi yang ditawarkan juga tinggi. Saya berani kasih nilai 8,5 untuk sisi Price to Performance.

Performanya memang masuk kelas bulu dan agak susah di utak atik termasuk mengupgrade komponen. User experience secara overall baik dengan syarat kamu harus membatasi aplikasi yang berjalan simultan dalam suatu waktu. Menambah kapasitas RAM jelas meningkatkan performa dan akselerasi, tapi lebih ke aplikasi kerja, bukan gaming.

Sisi multimedianya mungkin agak mengecewakan untuk kamu yang berharap 3 jutaan dapet panel kelas lumayan. Audionya menurut saya cukup OK walaupun akan lebih baik jika power outputnya diperkuat.

Unique

Selain SSD dan kartu grafis dalam prosesor AMD di sisi performa, saya rasa laptop ini punya nilai jual pada desain dan build quality yang sedikit di atas rata-rata kompetitor dengan harga sejenis. So, di balik branding laptop murah pada HP JOY 2 ini, ada usaha optimasi dari pihak HP dan JD.id, memaksimalkan setiap rupiah uang anda dengan kualitas produk dan performa yang sepadan.