Review: Gamesir X1 BattleDock – Ubah Smartphone jadi Mini-PC

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”3/6″][ult_content_box box_shadow=”horizontal:px|vertical:px|blur:px|spread:px|style:none|” hover_box_shadow=”horizontal:px|vertical:px|blur:px|spread:px|style:none|”][vc_progress_bar values=”%5B%7B%22label%22%3A%22DESIGN%22%2C%22value%22%3A%2270%22%2C%22color%22%3A%22bar_green%22%7D%2C%7B%22label%22%3A%22FUNCTION%22%2C%22value%22%3A%2275%22%2C%22color%22%3A%22peacoc%22%7D%2C%7B%22label%22%3A%22FITUR%22%2C%22value%22%3A%2275%22%2C%22color%22%3A%22bar_red%22%7D%2C%7B%22label%22%3A%22PRICE%22%2C%22value%22%3A%2275%22%2C%22color%22%3A%22chino%22%7D%2C%7B%22label%22%3A%22UNIQUE%22%2C%22value%22%3A%2275%22%2C%22color%22%3A%22vista-blue%22%7D%5D” bgcolor=”custom” options=”striped,animated” css_animation=”rotateIn” bgstyle=”outline” units=”points” custombgcolor=”#81d742″][vc_empty_space height=”16px”][/ult_content_box][/vc_column][vc_column width=”1/6″][vc_single_image image=”25957″ img_size=”large” alignment=”center” style=”vc_box_rounded” onclick=”zoom” css_animation=”bounceIn”][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

 

Banyak pihak mengeluhkan keterbatasan berinteraksi dalam game menggunakan media layar sentuh. Dan mulai membayangkan, pasti lebih menyenangkan jika menggabungkan sebuah smartphone dengan mouse atau keyboard. Jika kalian salah satunya, mungkin GameSir X1 BattleDock ini solusi yang kamu cari.

 

  • Overview

 

Playkey

Bermain game. (Ilustrasi)

 

Bermain game diyakini dapat melepaskan seseorang dari kejenuhan akibat aktifitas sehari-hari. Baik bekerja, maupun menuntut ilmu. Tapi, tidak semua orang bisa membangun sebuah PC, yang mampu memainkan banyak game-game moderen kelas berat. Sebab itu, game-game mobile jadi pelarian yang terbukti ampuh saat butuh pelepas penat di manapun dan kapanpun.

 

Game at Playstore

 

Tambah lagi, beragam genre game sudah bisa kita temukan di Play store maupun Apps Store. Mulai dari card game, hingga strategi. Khususnya game-game strategi, saat ini pihak pengembang mulai lebih perhatian pada kualitas grafis. Sebab, kemampuan prosesor smartphone yang kian hari juga makin canggih.

 

Gamepad Xiaomi Black Shark Helo

Gamepad Xiaomi Black Shark Helo (Android Authority)

 

Biasanya, pengguna yang terbiasa bermain game mengandalkan mouse dan keyboard butuh waktu untuk membiasakan diri mengganti kontroler mereka dengan sapuan di atas layar. Ada yang terbiasa dengan cepat, tapi tak sedikit yang butuh waktu sangat lama. Bahkan, ada yang gak pinter-pinter bermain game di layar sentuh. Termasuk saya 😉

 

  • Benefit

 

 

Jika kalian masuk kategori yang ketiga, Gamesir X1 ini adalah solusi yang menurut saya, membantu banget. Produk sejenis docking nirkabel ini menjadikan smartphone kalian seolah memiliki port virtual. Dengan memiliki port, smartphone bisa menerima kontroler eksternal, dalam hal ini keyboard dan mouse.

 

 

Dengan hadrinya mouse dan keyboard, otomatis interaksi dengan layar sentuh bisa jauh diminalisir. Keren kan..? Tapi tunggu dulu, apa seindah itu setelah kita memiliki Gamesir X1 ini? Yuk, simak pendapat Skyegrid Media terlebih dahulu.

 

Baca juga: Mau dapat Game Destiny 2 Gratis untuk PC? Begini Caranya

 

  • Konsep & Desain

 

Bicara konsep produk, mungkin tiap orang punya perspektif yang berbeda pada GameSir X1 ini. Menurut saya sendiri, GameSir X1 menawarkan konsep dan fitur yang sepintas revolusioner. Dalam bayangan saya, nampaknya saya tak perlu menunggu Windows 10 ARM edition untuk mememiliki sebuah PC portable berbasis Android.

 

 

Nah bicara desain dari GameSir X1 ini, menurut saya kebalikan dari sisi konsepnya, terkesan biasa saja. Jauh dari kesan revolusioner seperti konsep yang sepintas ditawarkannya.

 

 

Menggabungkan sebuah terminal berbentuk kotak persegi dan sebuah lengan dengan dua buah poros yang bisa di sesuaikan sudut puturnya. Di ujung lengan, terdapat siku setengah lingkaran dimana pengguna meletakan Smartphone mereka.

 

Review GameSir X1 Battledock - Tinggi maksimal lengan

 

Gamesir X1 BattleDock menggunakan kombinasi material plastik dan besi. Material besi sendiri bisa kita temukan hanya pada lengan bagian bawah, selebihnya plastik. Di lengan atas, beberapa area dilapis rubber agar smartphone terhindar dari scratch.

 

Baca juga: PlayStation 4 Pro Kapasitas 2 TB Bakal Dirilis di Jepang

 

Review GameSir X1 Battledock - bottom case

 

Bagian bawah GameSir X1 Battledock sebenarnya merupakan area baterai. Di dalamnya terdapat baterai lithium ion berkapasitas 3000 mAh yang replaceable. Jika nantinya sudah mulai drop, kamu bisa menggantinya dengan baterai silinder yang banyak dijual dipasaran.

 

  • User Experience

 

Masuk ke sesi pengujian untuk mengetahui seberapa menyenangkan menggunakan GameSir X1 BattleDock ini. Untuk mulai menggunakan, kamu terlebih dahulu harus menginstal GameSir World App sebagai companiaon App produk ini. Sayangnya, kamu harus mendownload dan menginstalnya secara manual sebab app ini belum resmi ada di Play Store. Kamu bisa mendownloadnya di sini.

 

  • Bluetooth to USB

 

Setelah aplikasi terinstal, waktunya mengaitkan smarphone kita dengan GameSir X1 BattleDock ini. Overall, mudah sekali mengaitkan smartphone saya dengan GameSir X1 Battledock ini.

 

Setelah terinstal, kamu akan menemukan beragam game yang sudah terverifikasi oleh pihak GameSir. Apa maksudnya terverifikasi? Artinya tidak semua game yang ada di playstore saat ini bisa langsung kompatibel dengan GameSir X1 BattleDock.

 

Nah jika game yang biasa kita mainkan belum ada di World App GameSir ini, kita bisa kok menambahkan ke daftar game di GameSir World App ini. Tinggal klik GameSir Spirit di pojok kanan bawah, dan pilih add game.

 

Di sinilah kelemahan pertama yang saya temukan. Singkat cerita, game PUBG Mobile yang saya tambah kan secara manual, tidak 100% dapat me-utilize GameSir X1 BattleDock ini. Ada beberapa tombol tidak bisa dimapping ke dalam keyboard yang saya tancapkan. Mau tidak mau, saya harus menggunakan kombinasi keyboard dan touchscreen untuk mendapat kan seluruh Key mapping.

 

Tapi untuk game-game yang memang direkomendasikan oleh GameSir dan masuk dalam list World App, semua key-mapping tepat dan berfungsi akurat. Saya rasa hal ini memang butuh proses developmen agar bisa lebih sempurna.

 

  • Kesimpulan

 

 

Walaupun saya harus keluar effort lebih banyak dengan sesekali tetap menyentuh layar saat bermain PUBG Mobile, namun saya tetap dapat dengan mudah mendapat Chiken Dinner. Kontrol yang lebih presisi membuat user experience saya selama bermain PUBG Mobile mirip dengan experience bermain PUBG dengan Emulator.

 

Jika kamu penggila game FPS di smartphone, dan tidak terlalu masalah dengan desain ukuran GameSir X1 BattleDock ini, saya cuma mau bilang, ni produk memang bikin kamu Auto Dewa.

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]