Review Game DreadOut – Game Horor Supranatural Lokal

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”3/6″][ult_content_box box_shadow=”horizontal:px|vertical:px|blur:px|spread:px|style:none|” hover_box_shadow=”horizontal:px|vertical:px|blur:px|spread:px|style:none|”][vc_progress_bar values=”%5B%7B%22label%22%3A%22STORY%22%2C%22value%22%3A%2270%22%2C%22color%22%3A%22bar_green%22%7D%2C%7B%22label%22%3A%22GRAFIS%22%2C%22value%22%3A%2255%22%2C%22color%22%3A%22peacoc%22%7D%2C%7B%22label%22%3A%22GAMEPLAY%22%2C%22value%22%3A%2270%22%2C%22color%22%3A%22bar_red%22%7D%2C%7B%22label%22%3A%22PRICE%22%2C%22value%22%3A%2275%22%2C%22color%22%3A%22chino%22%7D%2C%7B%22label%22%3A%22UNIQUE%22%2C%22value%22%3A%2270%22%2C%22color%22%3A%22vista-blue%22%7D%5D” bgcolor=”custom” options=”striped,animated” css_animation=”rotateIn” bgstyle=”outline” units=”points” custombgcolor=”#81d742″][vc_column_text][yasr_overall_rating][/vc_column_text][/ult_content_box][/vc_column][vc_column width=”1/6″][vc_single_image image=”25957″ img_size=”large” alignment=”center” style=”vc_box_rounded” onclick=”zoom” css_animation=”bounceIn”][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

 

Sebenarnya game ini sudah lama di rilis dan sempat menuai sukses di tahun pertama penjualan lewat platform Steam. Di artikel review game DreadOut ini, tim Skyegrid bermaksud mengulas ulang dengan menitik beratkan pada sisi cerita.

 

trailer DreadOut the Movie FI

 

Dirilis tahun 2014, DreadOut merupakan salah satu game indie yang cukup mencuri perhatian para gamer-gamer yang menyukai genre Horror di dunia Internasional. Sebagi informasi, versi layar lebar DreadOut yang tayang di bioskop beberapa waktu lalu, tidak menghadirkan cerita asli dari game hasil karya mas Imran dan kawan-kawan.

 

Baca juga: Trailer Resmi DreadOut the Movie – Ternyata Pintu Neraka itu ada

 

Kurangnya developer yang men”develop” genre Third person horror survivor, membuat judul ini dinantikan oleh para gamer. Kalau kamu pernah bermain game Fatal Frame series, mungkin tidak akan merasa asing dengan pola permainan yang ditawarkan oleh game ini.

 

  • Alur Cerita

 

review game DreadOut - Grafis & Audio

DreadOut (Steam)

 

Game ber-genre survival Horror yang dibuat dan dirilis oleh studio Digital Happiness asal Bandung ini, bercerita tentang Linda Meilinda dan teman-temannya yang tersesat di sebuah kota terbengkalai dikala liburan mereka.

 

 

 

Untuk mencari jalan pulang, para remaja dan guru mereka menelusuri kota ini untuk mencari petunjuk arah. Dalam pencariannya, para remaja-remaja ini ternyata berhadapan dengan arwah kuat yang sangat jahat.

 

review game dreadout - gameplay

 

Setelah satu demi satu remaja dan guru mereka di rasuki arwah jahat ini, Protagonis kita Linda yang tanpa ia sadari memiliki kekuatan magis, kini berusaha menyelamatkan teman-teman dan gurunya.

 

  • Gameplay

 

review game dreadout - gameplay 1

 

Berbekal smartphone yang ia miliki, Linda bisa melawan arwah-arwah jahat ini dengan mengambil foto mereka. Sambil mencari kebenaran tentang apa yang terjadi di kota ini, Linda menemukan fakta bahwa keberadaan para roh jahat ini, bukanlah sekedar Legenda.

 

 

Review Game DreadOut - Gameplay 06

 

Selain menggunakan kamera “iRisphone” untuk memotret hantu, protagonis mengandalkan “Indra supranatural” untuk mendeteksi keberadaan mahkluk gaib di sekitar lokasi dan mencari petunjuk dalam menemukan benda, juga artikel yang ada di dalam permainan.

 

  • Grafis dan Audio

 

 

Review Game DreadOut - story utama

 

Dibangun menggunakan engine unity, grafis yang ditawarkan mungkin tidak se-“Wah” game AAA lain yang juga ditawarkan di platform Steam. Namun detail yang diberikan untuk menimbulkan suasana kota yang terbengkalai, sukses membuat saya tidak ingin berlama-lama di kota ini, karena takut akan apa yang tiba-tiba muncul dari balik tembok.

 

Latar belakang suara dan musik tradisional yang di sisipkan di tengah permainan juga menambah efek kengerian selama bermain. Saran saya, gunakan headphone atau earphone untuk hasil lebih maksimal. Dijamin, sesekali bahkan lebih, laptop kamu akan tertarik kabel headphone.

 

Review Game Dreadout - Sound Effect

 

Beberapa sound efek mungkin terasa flat, namun tidak mengurangi suasana mencekam ketika arwah penasaran muncul tiba-tiba di belakang kamu. Karena tema lokasinya ada di sebuah kota terbengkalai di Indonesia, tidak tanggung-tanggung, pengisi suara para protagonis pun dibuat senatural mungkin oleh para VA (Voice Actor) Indonesia.

 

  • Unique

 

review game dreadout - unique

 

Melirik kembali DreadOut, game ini menjadi salah satu game Indonesia yang memberikan angin segar bagi industri game Indonesia. Dengan mengangkat legenda-legenda rakyat Indonesia, kita disuguhkan nuansa yang berbeda dari game-game Survival horror yang tak melulu menyuguhkan Zombies sebagai musuh generik.

 

Ide menggunakan kamera serta lampu flash sebagai senjata, menurut saya juga unik. Selain mengurangi tingkat sadistis akibat penggunaan benda tajam atau senjata api, properti lampu flash, sejalan dengan legenda lokal bahwasannya, roh halus takut pada cahaya.

 

Dreadout 2 di Steam mini bos fight teaser

Preview DreadOut 2

 

September 2018 kemarin, Digital Happiness mengumumkan akan merilis sekuel dari series ini, dengan judul DreadOut 2. Walau tanggal rilis belum di umumkan secara pasti, developer memastikan akan ada fitur baru di series terbaru nanti. Jadi, pantau terus Skyegrid Media, untuk info terbaru seputar game DreadOut, juga game-game lain.

 

Review Game DreadOut - conclusion

 

Buat kamu yang doyan horror, DreadOut bisa Kamu bisa mainkan di PC kamu via Steam seharga Rp. 165.000,-. Atau kamu yang ingin merasakan DreadOut di smartphone, kamu bisa berlangganan Skyegrid mulai dari 69 ribu rupiah. Info lebih lanjut, kamu bisa klik banner yang ada di halaman beranda.

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]