Review Game Spider-Man 2018 (PS4)

Review Game Spider-Man 2018 (PS4)

Di rilis pertama kali secara ekslusif oleh Sony Interactive Entertainment untuk PS4 September 2018, Game bikinan Insomniac Games ini di terima dengan positif oleh para gamer baik yang “nge-Fans” dengan Spider-Man atau pun tidak. Artikel review game Spider-man 2018 ini bisa jadi merubah kamu jadi penggemar Spidey.

Kok bisa? Pasalnya game ini bener-bener bikin kamu “berasa” banget jadi Spider-Man dengan sistem traverse yang seamless. Penasaran?.simak aja kata Skyegrid Media tentang game ini ya.

Game ini berlatar 8 tahun sejak Peter Parker diberikan kekuatan oleh laba-laba yang termutasi secara genetik, dan memberikan ia kekuatan super.

  • Alur Cerita

review game spiderman 2018 - story

Cerita di mulai dari NYPD yang menyerbu Wilson Fisk alias KINGPIN yang dipimpin oleh Kapten Polisi NYPD, Yuri Watanabe. Yuri pun meminta bantuan Spider-Man untuk menangkap Fisk sebelum dia menghancurkan semua bukti-bukti yang memberatkan dirinya.

review game spiderman 2018 - story 2

Spider-man pun berhasil menggagalkan rencana Fisk tersebut sekaligus meringkusnya. Namun Fisk memberikan peringatan kepada Spider-Man, kalau dirinya lah yang menjaga ketertiban di New York ini. Tidak lama setelah itu, grup yang menamakan diri the Demons, mulai mengambil alih aset-aset Fisk. Apa yang sebenarnya menjadi tujuan the Demons ini?

Dalam alur cerita game Spiderman 2018 ini, diangkat juga kehidupan pribadi sang Peter. Tentang Pekerjaannya di OCTAVIUS INDUSTRIES sebagai ilmuwan, hubungan percintaan Peter dengan Mary Jane, juga yang tak kalah menarik, berbagai karakter dari universe Spider-Man, ikut hadir melengkapi game ini. Mulai dari Bibi May Parker, Miles Morales hingga salah satu “love interest” Spider-Man, Felicia “Black Cat” Hardy dalam DLC The Heist.

Baca juga: Review Game Yakuza Kiwami 2 – Saat dua Naga kembali Berseteru

  • Gameplay

review game spiderman 2018 - gameplay

Karena game ini dibuat Open World, menjelajah bagian kota New York ini dibuat mudah dan menyenangkan. Kamu akan menjelajah Manhattan dengan bergelantungan dari satu gedung ke gedung yang lain ala Spider-Man dengan sangat mudah. Kamu juga bisa melakukan trik-trik yang seru ketika menjelajah dan dapat Exp juga.

Dengan Exp ini, kamu bisa membuka skill-skill Spider-Man untuk mengalahkan musuh-musuh seperti Electro, Rhino, Mister Negative, yang masing-masing punya cara yang berbeda untuk mengalahkannya. Cara berkelahi dalam gameplay game Spider-Man ini, mungkin akan banyak dibandingkan dengan Batman Arkham series.

spider sense

Seperti misalanya, Spider-Sense yang Spidey miliki, bisa memberitahu kamu mendeteksi dari mana serangan musuh datang. Dengan begitu, kamu bisa menghindar atau mengcounter serangan tersebut dengan berbagai cara ala Spidey.

Di game Open-World ini ada berbagai side mission dan collectible item yang bisa kamu selesaikan. Selain Exp reward kamu juga membuka gadget-gadget Spidey. selain itu kini kamu juga membuka costum-costum Spider-Man yang pernah ada dari Marvel Universe. Mulai dari Spider-Man tahun 1962 hingga Costume Film Spider-Man : Homecoming.

Secondary Character

MJ yang mengejar cerita tentang KINGPIN pun kembali bersinggungan dengan Peter setelah 6 bulan berpisah. Kamu secara terpisah juga memainkan MJ sebagai secondary character, dengan fokus lebih kepada Stealth karena MJ tidak punya kekuatan super. Kini MJ juga membantu Peter bahu-membahu memerangi kejahatan di New York dengan caranya sendiri.

MJ menjadi salah satu fokus cerita Spider-man 2018 ini. MJ kini memfokuskan diri berkarir sebagai Wartawan di Daily Bugle setelah hubungan percintaanya dengan Peter kandas karena Peter terlalu overprotektif.

Baca juga: 5 Game Sepakbola di Android yang Wajib Kamu Coba!

  • Grafis dan Audio

Game Spider-Man ini release di PS4 dan PS4 Pro. Perbedaannya, pada PS4 Pro game ini mendukung monitor 4K. Untuk Grafik yang di hadirkan, seperti game console umumnya, kamu akan di “caps” di 30 FPS. Namun setiap cut scene dan QTE, akan membuat kamu berasa seperti nonton film Spider-Man. di Option, ada pilihan untuk mematikan QTE jikalau kamu punya maksud hanya ingin cepet menamatkan game ini aja.

review game SpiderMan - Yuri Watanabe

Background music yang disuguhkan game ini bener-bener bikin kamu berasa jadi superhero banget. Insomniac memboyong John Paesano sebagai music composer buat game ini. Buat kamu yang nonton Maze Runner Trilogi bakal tidak asing dengan nama John Paesano ini, ia juga mengerjakan musik di Film Series Daredevil. Bahkan ada nuansa-nuansa film Avenger disisipkan ke dalam musik game ini. VA yang mengisi game ini juga menghidupkan Character-character dengan dialog-dialog yang membuat kamu tersenyum-senyum dengan guyonan khas Peter/Spider-Man dalam situasi-situasi genting.

  • Unique

review game spider-man 2018 - unique

Buat saya, keunikan game ini ada di Traverse System-nya, yang membuat kamu bisa bergelayut dan menjelajah Manhattan dengan bebas. keunikan lainnya adalah tambahan interaksi dengan karakter figuran. Seperti saat kamu iseng berjalan kaki, kamu mungkin secara random bisa berinteraksi dengan warga Manhattan yang nge-Fans dengan Spider-Man, dari toss hingga seflie bareng Spider-Man.

review game spider-man 2018 - tools

Cerita yang hadir juga mengalir dengan sangat baik hingga pemain jauh dari kesan jenuh. Cerita yang menurut saya segar salah satunya adalah, tentang pekerjaan Peter dalam membuat perlengkapan-perlengkapan baru Spiderman. Kini, ada banyak perlangkapan yang bisa kamu buat sebagai persenjataan utama Spider-Man, mulai dari Web Bomb hingga Spider-Drone.

Game Spider-Man ini kamu bisa dapetin versi digital Standard Edition-nya di PlayStation Store seharga Rp. 579.000. Hingga tanggal 17 Juni besok, game ini di diskon 50%. Jadi kamu cuma bayar Rp. 377.000,- dari Rp. 754.000,- untuk versi Digital Deluxe Edition-nya. So, kamu bisa mainin semua DLC yang ada. Sebagai info, Skyegrid Media tidak di endorse untuk artikel review game Spiderman 2018 ini oleh Sony maupun pihak lain.

rifanfernando

leave a comment

Create Account



Log In Your Account