Review Lenovo IdeaPad C340 14IWL – 8KID

Review Lenovo IdeaPad C340 14IWL – 8KID

Review Lenovo IdeaPad C340 14IWL – 8KID

Walau lebih tertarik mengulas versi i3 yang punya banderol harga kurang dari 9 juta, tapi karena unit review Lenovo IdeaPad C340 14IWL yang datang adalah versi i5, saya akan coba memberi porsi lebih pada bagian benefit produk ini dibanding para kompetitornya. Apakah angka 11 juta-an masih merupakan harga yang acceptable? Mari kita ulas.

  • Spesifikasi dan harga IdeaPad C340 14IWL

[/vc_column_text][ultimate_info_table design_style=”design06″ color_scheme=”gray” package_heading=”Lenovo IdeaPad C340 14IWL”]

Processor
Intel® core i5-8265U
Operating System
Windows 10 Home
Display
Up to 14″ FHD (1920 x 1080), IPS Level, 250nits
Memory
Up to 16GB
Baterai
  • Up to 10.5 hours*
  • Up to 12 hours* Video playback
; Rapid Charge (charge just 60 minutes for up to 80% power)
* Based on testing with MobileMark 2014. Battery life varies significantly with settings, usage, & other factors.
Storage
  • 512G 2280 PCIE
Kartu Grafis Nvidia Geforce MX230 2GB GDDR5
Audio
2 x 2 W speakers with Dolby Audio™
Dimensi (W x D x H)
328mm x 229mm x 17.9mm / 12.9″ x 9.0″ x 0.7″
Berat
Starting at 1.65kg
Opsi Warna
  • Onyx Black
  • Abyss Blue
  • Platinum Grey
Konektifitas
1 x 1 / 2 x 2 AC WiFi + Bluetooth 4.2
Ports/Slots
  • Fingerprint sensor
  • USB 3.1 x 2 (1 x always on)
  • USB-C Gen 1
  • SD Card reader
  • HDMI
  • Combo Audio port

[/ultimate_info_table][vc_column_text]Untuk sebuah produk 2-in-1, dengan tambahan GPU Geforce MX230, agak sulit mencari kompetitor yang benar – benar sepadan untuk IdeaPad C340 ini. Di marketplace saat ini, produk sejenis yang sudah beredar antara lain, Acer Spin 5, Dell Inspiron 5482, Asus Vivobook Flip dan HP Pavilion X360 14.

Dari keempat kompetitor yang saya ketahui tersebut, yang paling mendekati spesifikasi unit review IdeaPad C340 14IWL ini hanya Dell Inspiron 5482. Secara harga, IdeaPad C340 lebih terjangkau. Sebagai informasi, untuk versi i5 dibanderol di angka 11,3 juta dan versi i3 8,7 juta (Juli 2019). Tapi dengan harga yang lebih murah, apakah menandakan IdeaPad ini layak beli?

  • Handling

Dimensi dan bobot

Dengan dimensi 328 x 229 x 17.9 mm, IdeaPad C340 cukup ringkas untuk sebuah laptop 14-inch. Berat mulai dari 1,65 KG, juga masih rasional jikalau standar kamu adalah sebuah Ultrabook.

Material dan Build Quality

Kamu tak akan mendapat material dari logam yang menawarkan durabilitas. Hampir keseluruhan didominasi plastik. Hanya bagian panel LCD yang punya material mengkilat seperti kaca. Namun saya yakin, bukan dari jenis kaca keras. Dan juga, nampaknya tidak ditambahkan proteksi semacam gorilla glass.

Jadi sebaiknya kamu perlakukan IdeaPad C340 ini dengan apik, jika ingin kosmetiknya tetap awet dan terus layak dipandang. Untungnya, finishing yang digunakan jenis doff metalik yang lebih tahan pada jejak sidik jari. Jadi tidak perlu selalu membawa micro-fiber untuk membersihkan permukaan laptop.

Sebuah produk 2-in-1, identik dengan seting engsel berat, termasuk unit review Lenovo IdeaPad C340 14IWL yang saya pegang. Hal ini membuat pengguna tidak bisa membuka laptop ini dengan satu tangan.

I/O Port dan Konektifitas

Untuk opsi konektifitas, tidak ada komplain yang serius dari saya untuk IdeaPad C340 ini. Opsi port yang tersedia sudah lebih dari cukup, dengan jarak antar port yang ideal.

Untuk konektifitas wireless, IdeaPad C340 juga dibekali WiFi ac 2 x 2 dan bluetooth 4.2. Kemampuannya menangkap sinyal dari hotspot saya lihat sedikit di atas rata – rata. Di area yang biasanya sulit mendapatkan sinyal WiFi dengan laptop lain, menggunakan C340, saya masih bisa bekerja.

  • Workstation

Display Panel

Review Lenovo IdeaPad C340 14IWL - display quality

Ada yang harus dikorbankan untuk menghadirkan harga terjangkau. Dan di kasus IdeaPad C340 ini, yang dikorbankan adalah penurunan kualitas visual di LCD-nya. Menggunakan panel IPS Level, sudut pandang horizontal akan terjaga. Hanya saja, kita harus benar – benar mendapatkan sudut pandang yang tepat, dari sisi vertikal, agar teks yang tampil, fokus di mata kita.

Panel 14-inch dengan resolusi 1080p hadir polos tanpa lapisan matte. Yang saya rasakan setelah beberapa hari berkerja dengan laptop ini adalah, rasio kontrasnya minim sekali. Bahkan cenderung overbrightness.

Touchscreennya responsif jika kamu gunakan ukuran scalling 150% ke atas (rekomendasi). Tapi saya sering mengalami mis-akurasi saat menggunakan scalling 100% yang menjadikan titik DPI mengecil.

Keyboard

Saya selalu suka bekerja di atas keyboard produk laptop Lenovo. Ukuran key-cap nya selalu dijaga identik untuk memudahkan pengguna yang melakukan upgrade, hingga tidak perlu lagi beradaptasi.

Yang agak aneh, dua (2) tingkat iluminasi pada keybaoard, seperti tidak ada perbedaan intensitas. Semoga hal ini hanya bug di unit review IdeaPad C340 14IWL ini saja.

Touchpad

Desainnya touchpadnya klasik menurut saya, dengan posisi yang sedikit lebih terbenam dari permukaan palmrest. Mendukung Windows Precission driver dengan cukup responsif. Hanya saja untuk urusan akurasi, masih kurang presisi.

Web-cam & Finger-Print

Selain fitur hardware switch untuk web-cam seperti yang pernah saya singgung di sini, C340 juga sudah dibekali fingerprint. Jadi untuk keamanan login, seri ini sudah cukup lengkap.

Sepanjang menemani saya bekerja, sensornya saya akui sangat akurat dan responsif. Belum pernah sekalipun saya mengulang menempelkan sidik jari, untuk login dan masuk ke windows.

  • Performa

CPU & GPU

review Lenovo IdeaPad C340 14IWL - Benchmark

Jelas, prosesor ini punya keterbatasan pada TDP yang hanya 15 watt. Jadi uji coba yang saya lakukan, lebih menitik beratkan laptop ini sebagai solusi mobile. Tapi sedikit gambaran, performa keseluruhan lewat test PC Mark 8 dan PC Mark 10 menghasilkan angka wajar, bahkan sedikit (+3%) di atas rata – rata laptop dengan spesifikasi sejenis.

Baterai

Simulasi PC Mark 8 Home yang saya lakukan, mendapatkan skor 3 Jam 15 menit. Mengingat simulasi ini merupakan paduan beberapa jenis komputasi dari yang ringan hingga yang berat, durasi penggunaan baterai yang sebenarnya sangat bervariasi.

Unique

posisi tombol power khas Lenovo yang terpisah dari papan keyboard

Overall, pengalaman saya menggunakan C340 ini kurang berkesan. Mulai dari perlu melakukan penyesuaian beberapa seting untuk mencapai kenyaman yang pas sebelum memulai menggunakan laptop ini. Lalu, kualitas panel LCD, saya rasa perlu sekali dipertimbangkan untuk diupgrade pada seri selanjutnya.

Selebihnya, saya cukup puas dengan keyboard, touchpad, fingerprint, web-cam dan fitur keamanannya, juga kemampuan layar sentuh produk ini.

Secara spesifikasi dan fitur, laptop ini cukup baik, bahkan jika melihat harganya, melebihi ekspektasi saya, saat pertama datang ke acara perkenalan produk ini beberapa waktu lalu.

Jadi, ke jenis pengguna seperti apa saya rekomendasikan laptop ini? Jika calon penggunanya punya urgensi tinggi pada form factor 2-in-1, dan tak membutuhkan kualitas kontras layar yang tinggi, atau punya LCD eksternal yang lebih baik di kantor atau di rumah, IdeaPad C340 ini solusi paling terjangkau melihat spesifikasinya.

Apakah produk ini sesuai dengan kriteria kamu? silakan sampaikan pendapat kamu di kolom komentar ya. By the way, tungguin juga video reviewnya di channel Youtube kita ya 😉

rifanfernando

leave a comment

Create Account



Log In Your Account