Hands-On – 5 Fakta Laptop Acer Nitro 5 2019 AMD Ryzen 5

Hands-On – 5 Fakta Laptop Acer Nitro 5 2019 AMD Ryzen 5

ika dilihat sepintas lalu, desain yang digunakan Acer Nitro 5 2019 AMD Ryzen 5 terbaru ini banyak berbeda. Tapi jika diperhatikan lebih seksama, desain barunya ini masih menggunakan basis rangka yang sama. Walau ada beberapa yang telah ‘disempurnakan’, khususnya di bagian cover dan bingkai LCD.

Nah, di luar visualisasi awal, yang sudah bisa kalian lihat dari review di web media lain maupun video Youtube, ada lima (5) fakta menarik yang menurut tim Skyegrid Media, layak kamu jadikan bahan komparasi, dengan produk-produk merek lain–yang sekelas tentunya.

  • SPESIFIKASI – Versi AMD nya menggiurkan

Hands-On-Acer-Nitro-5-2019 - Spesifikasi

Memang, saat ini belum banyak terendus seri Nitro 5 yang mengkombinasikan prosesor dan kartu grafis dari AMD. Tapi beberapa penjual online sudah mulai menjajakan SKU Nitro 5 2019 AMD Ryzen ini. Well, Dengan konfigurasi hardware dari AMD, tentu banderol harganya bakal menggiurkan nih seperti biasa.

Menurut sumber kami di internal Acer, harga Acer Nitro 5 Ryzen 5-3550H ini bakal ada di rentang 9,8 juta sampai 10,9 juta rupiah. Jika menelisik performa yang ditawarkan Ryzen 5-3550H, dimana setara dengan i7-7700HQ yang sempat menjadi andalan laptop gaming 2 tahun lalu, banderol harga tersebut tentu sangat menggiurkan.

Beralih ke G-P-U nih guys. Beberapa ulasan menyebut Radeon RX560 4 GB GDDR5 sendiri, sukses mencetak skor performa yang setara Geforce GTX 1050 Max-Q. Masih cukup oke lah untuk budget kurang dari 10 juta.

Baca juga: Preview Acer Nitro 7 AN7-715 51, Desktop Replacement Irit

LCD pada Nitro 5 2019 AMD

Yang paling menggemparkan adalah, Nitro 5 terbaru ini menawarkan dua slot m.2, yang keduanya mendukung PCIe SSD. Tentu ini menjadi nilai jualnya yang sangat unik, terutama jika mengingat positioning produk ini yang bermain di kelas Entry-Level gaming.

  • DESAIN – Makin Keren

Acer-Nitro-5-2019-AMD - Desain

Bicara desain, Acer terus memperbaiki jajaran laptop mereka di semua line-up dari seri Helios hingga ke seri Nitro yang affordable. Saya sendiri sempat skip tuh dengan Nitro 5 SKU sebelum ini, yang menawarkan spesifikasi Intel Core generasi ke-8. Heheheh, maaf yak.

Hands-On-Acer-Nitro-5-2019 - LCD-Cover

Nitro 5 versi 2019 ini kembali mengadopsi tekstur brushed aluminum pada cover LCD, tapi dengan tambahan tekstur soft-touch vertikal di sisi kanan kirinya. Selain menambah kekuatan grip saat laptop ditenteng, tekstur ini menurut saya, berhasil menghadirkan kesan gahar.

Exhaust Acer Nitro 5 2019

Emblem Predator masih dipertahankan, dengan entah apa maksudnya. Mungkin supaya kelihatan seperti property of Transformer Inc. Entah lah. Tapi setidaknya, emblem ini menyatu dengan desain lubang exhaust di bagian belakang, yang pada seri ini dibentuk lebih futuristik dengan hadirnya banyak garis – garis tajam seperti yang ada di logo.

Hands-On-Acer-Nitro-5-2019 - Handling-2

Overall, menurut saya, lini Nitro terbaru dari Acer ini makin baik dari generasi ke generasi. Kita bisa lihat, bingkai LCD yang kini ikut ‘mengkerut’ hingga menyisakan 7,6 mm saja untuk sisi kiri dan kanan. Walaupun, bingkai atas dan bawah, masih terlihat cukup tebal karena area ini, khususnya bingkai bagian atas, masih dimanfaatkan untuk menempatkan web-cam.

  • WORKSTATION

Bentuk Workstation Laptop gaming

Masuk ke area workstation, saya temui keyboard dengan key-cap yang cukup menjulang. Saya prediksi, key-travel tombol-tombol ini mencapai 2.0 mm (mungkin lebih). Tiap-tiap tombol di lipstik-in merah, yang terbukti membuat warna merah dari backlight-nya, terlihat lebih kontras. Yap, seri ini belum RGB ya nak. Kalau mau yang RGB, coba kamu cek toko sebelah.

Tombol power masih menyatu dengan papan keyboard. Tapi tenang, Acer gak se’cuek’ itu membiarin kamu bolak – balik salah pencet antar tombol delete dan tombol power. Ada utility khusus yang membuat laptop mengacuhkan instruksi, saat tombol power tidak sengaja tertekan. Hingga laptop baru memproses instruksi, jika tombol tertekan dalam rentang waktu 3 sampai 5 detik. Case closed!

Baca juga: Acer Swift 7 2019 – Di balik Moto Tertipis, Teringan dan Paling Kekinian

desain Touchpad klasik

Secara dimensi, luas touchpad Nitro 5 terbaru ini cukup mengesankan. Sekalipun dibuat menyatu, tapi tombol nya nyaman banget waktu ditekan. Tapi posisinya yang terlalu ke kiri, menurut saya, ini akan mengganggu pengoperasian buat orang yang punya telapak tangan besar. Selain itu, secara estetika jadi nggak simetris dengan tombol spasi.

  • FITUR – Predator Wannabe

Acer Nitro Sense

Ngobrol2 soal fitur nih, Acer juga membenamkan fitur dashboard monitoring yang sebelumnya di desain hanya untuk seri Predator. Bedanya, untuk seri Nitro, namanya disesuaikan menjadi Nitro Sense. Beberapa tab pengaturan yang ada pun tidak selengkap seperti pada Predator Sense. Hal ini terkait fitur yang memang belum ada di seri Nitro, seperti seting RGB Keyboard misalnya.

Secara fungsi, hampir mirip sih. Kita diberi dashboard bertema Nitro yang memberi kemudahan memantau beberapa komponen, mengakses beberapa aplikasi khusus dengan lebih cepat, yang sayangnya, tidak menawarkan opsi custom macro seperti Gigabyte Sabre 15.

Overall, di dalam Nitro Sense akan kita temukan fitur – fitur yang sama dengan Predator Sense.

  • SISTEM PENDINGIN
Sistem pendingin Acer Nitro 5
Image by Laptop Media

Acer juga menyempurnakan sistem pendingin Nitro dengan mengganti baling-baling yang didesain lebih aerodinamis. Menurut Acer, ‘coakan’ aerodinamis ini membuat kipas tetap senyap, walau jumlah baling – baling lebih banyak. Selain kipas, lubang exhaust juga didesain ulang untuk meningkatkan persentase udara yang lalu lalang.

Sayangnya, konsep sistem pendingin masih serupa seri sebelumnya alias tidak ada perombakan. Secara teori, posisi kedua kipas yang saling berdekatan, memberi ruang untuk menggunakan heatpipe yang lebih panjang. Namun di seri yang menggunakan Intel core generasi 7, saya mendapati desain ini menjadikan panas pada CPU, sangat lambat ditekan oleh udara dingin, karena posisinya sangat jauh dari kipas.

  • UNIQUE

Webcam pada laptop

Untuk spesifikasi dan pricing Nitro 5 2019 AMD Ryzen, dengan segala fitur dan kelebihannya tadi, bolehlah kita acungi jempol untuk Acer. Tapi apakah kocek yang akan kamu rogoh sesuai dengan performa yang akan kamu dapatkan. Hal tersebut belum bisa saya jawab sekarang. Karena di video kali ini, saya baru bisa memberikan informasi seputar desain, fitur dan kenyaman menggunakan laptop ini.

rifanfernando

leave a comment

Create Account



Log In Your Account