Review ASUS S641MD – PC Desktop Build-Up Ringkas nan Unik

Review ASUS S641MD – PC Desktop Build-Up Ringkas nan Unik

Adakalanya, sebuah produk Desktop PC di-disain tidak melulu untuk mengejar performa. Seperti yang ditawarkan unit review ASUS S641MD berikut.

Juga, sebuah desktop PC umumnya hadir dengan dimensi yang besar karena peruntukan upgrade yang memang menjadi keunggulan produk desktop PC. Dengan dimensi sasis yang besar, tentunya semakin banyak komponen yang bisa ditampung, untuk memaksimalkan performa komputasi.

Lalu, sebenarnya siapa target pengguna dari sebuah produk desktop PC yang di-disain ringkas seperti unit review ASUS S641MD yang akan kita ulas kali ini? Mari kita cari tahu jawabannya.

  • Spesifikasi, Opsi upgrade & harga

Review ASUS S641MD - Desktop PC ringkas dari ASUS

ASUS PC S641MD

CPU Up to Intel® Core™ i7-8700 processor

3.2GHz 8-core, 16 threads with Turbo Boost (up to 4.6GHz) – 12MB Smart cache

Chpset Intel B360
Operating system Windows 10 Home
Graphics Intel UHD
Main memory up to 64GB DDR4 pc 2666MHz (4 slot)
Storage up to 512GB PCIe SSD + 1TB SATA 2.5″
Connectivity Dual-band 2×2 Wi-Fi 5 (802.11ac)

Bluetooth® 5.0

Sasis Category mini-Tower 15 L
I/O ports Front: 1x USB-C Gen 1 (5 Gbps), 2x USB 3.1 Type-A Gen 2 (up to 10Gbps), 2x USB 3.1 Type-A Gen 2 (up to 5Gbps), 1x Audio out + 1x Mic-In

Rear: 2x P/S2, 1x Audio out, 1x Audio in, 1x Mic in, 1x VGA, 1x HDMI, 1x DisplayPort, 4x USB 3.1 Type-A Gen 1, 1x RJ45

Intel Optane Memory Support
Power Suply Output :200 Watt ; Input :100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Dimensions 30 (T) x 28,3 (P) x 9,5 (L) cm
Weight 7 kg
Color Black
Harga Mulai dari 7,999,000

ASUS S641MD ini masuk kategori mini Tower dengan kapasitas sekitar 13 liter. Ukuran sebesar ini sih menurut saya hampir mendekati ukuran PC SFF (Small Form Factor). Otomatis, bagian dalamnya pastilah minimalis.

Untuk versi SFF – nya, ASUS juga ternyata punya dengan seri ASUS S641SC. Kamu bisa lihat detailnya di sini.

Hal tersebut pasti berimbas pada opsi upgrade, khususnya kartu grafis add-on, juga jumlah storage drive, untuk pengguna yang menginginkan performa lebih baik lagi. Tapi harusnya, dengan dua buah slot SATA dan dua slot m2, menambah storage bukan lagi isu.

Untuk upgrade kapasitas RAM, tenang saja. S641MD ini punya 4 slot RAM yang bisa diupgrade hingga 64GB.

Dengan ukuran yang minimalis, tentu opsi GPU yang bisa dipasang pada sasis ini wajib yang berukuran low-profile. Dan terbatasnya kapasitas power suply yang hanya 200 watt, juga menjadi batu sandungan untuk kamu yang ingin menggunakan GPU versi GTX.

– Harga & Garansi

Versi i5 tanpa GeForce seperti unit review ASUS S641MD yang kita terima, dibanderol di angka sekitar 8 juta rupiah. Sedangkan untuk opsi spesifikasi lain, S641MD ini menawarkan pilihan i7 plus RAM 8GB, juga i7 plus RAM 8GB plus GT 1030 2GB.

Fitur desktop PC ASUS

Menurut pihak ASUS, produk ini masuk ke segmen consumer yang diposisikan sebagai alternatif terjangkau untuk PC non gaming. Seperti banyak produk desktop PC ASUS, seri ini juga datang dengan garansi hingga 2 tahun, dengan opsi Pick-Up & Return atau On-Site Service (OSS).

– Paket Penjualan

Review ASUS S641MD - Sales package

Tentu, sebagai solusi komputasi rumahan, kelengkapan jual produk ini tak sebanyak Desktop PC ASUS ROG. Pada seri standar, pengguna hanya akan mendapatkan keyboard dan mouse versi kabel, buku manual, dan buku garansi.

Sebagai informasi, ASUS menyediakan acessories tambahan jika saja kamu membutuhkan. Seperti modul Wi-Fi beserta antena-nya, kabel header Com-port RS232, juga kabel header LPT. Biasanya 2 acesories yang disebutkan terakhir, diperlukan oleh pengguna SMB.

  • Disain & Kemudahan pakai

Review ASUS S641MD - Design

Tool-less design mungkin bukan hal baru di produk desktop PC. Apalagi jenis build up seperti ASUS S641MD ini contohnya. Hadirnya teknogi Tool-Less, sangat membantu pengguna melakukan pengecekan berkala, hingga menambah komponen.

Di unit review ASUS S641MD ini, mekanisme Tool-less-nya cukup advance. ASUS menyediakan sebuah push-lock yang jika ditekan, memungkinkan pengguna mengakses bagian dalam drive-bay.

Mekanisme ini juga didukung rel yang menjaga posisi drive-bay agar tidak bergerak ke posisi yang tidak diinginkan.

Sayangnya, kebanyakan Desktop PC build up kurang baik dalam hal manajemen kabel,- termasuk ASUS S641MD ini. Bagi pengguna yang ingin merapihkan jalur-jalur kabel, ASUS juga tidak memberi banyak alternatif untuk menyembunyikan kabel yang bersliweran.

– IO Port

Review ASUS S641MD - Front IO port

Hal unik (mungkin yang paling unik) dari desktop PC ASUS S641MD ini menurut saya adalah deretan USB port pada front panel-nya. Pengguna diberikan total 7 buah port USB yang semuanya versi USB 3. Dari 6 buah port USB-A, empat (4) di antaranya (berwarna biru muda), adalah USB 3.1 gen 2 dengan througput hingga 10 Gbps.

Walau berukuran mini, motherboard ASUS S641MD ini menyimpan potensi yang cukup baik. Selain chipset B360 yang memang menawarkan opsi upgrade RAM dan storage yang lebih baik, pengguna juga akan mendapatkan opsi untuk menggunakan tiga (3) monitor sekaligus lewat port VGA, HDMI dan DisplaPort yang tersedia.

Review ASUS S641MD - IO

Pengguna juga masih akan mendapatkan port P/S2, dan audio port tiga lubang meliputi Audio in, Mic-in dan Audio out. Dan untuk yang masih membutuhkan Com port atau LPT port, ASUS sudah menyediakan lubang khusus hingga tidak mengurangi lubang untuk PCI device.

  • Performa & Manajemen daya

Benchmark ASUS S641MD

Baiklah, mungkin tidak banyak yang bisa saya hadirkan untuk memberikan kamu tolak ukur sebaik apa performa PC build up dari ASUS ini. Sejak seri yang kami review ini benar-benar versi dasar dengan RAM 4GB dan storage jenis HDD.

Tapi saya janji, nanti saya akan update dengan hasil benchmark yang menghadirkan nilai performa standar PC ini setelah mendapatkan tambahan RAM dan SSD untuk mulai menjalankan benchmark.

– Sistem pendingin

Review ASUS S641MD - Cooling system

ASUS menyadari, dimensi sasis yang terbatas cenderung berpotensi mempersempit sirkulasi udara. Karenanya ditambahkanlah solusi Air duct khusus yang membantu meng-organisir aliran udara panas, agar lebih cepat keluar tanpa berputar-putar dalam sasis.

Dengan begitu, suhu komponen bisa lebih terjaga ke-stabilannya. Akhirnya, kinerja keseluruhan PC ini bisa tetap tajam tanpa saya temukan adanya throttling.

Baca juga: Review ASUS ExpertBook B9450 – Laptop bisnis 14″ Paling Ringan dan ringkas se-Dunia

– Manajemen daya

Unit review ASUS S641MD yang datang ke kita dibekali PSU jenis SFX 200 watt dengan standar 80+ Bronze. Yang agak disayangkan, motherboard ASUS S641MD ini di-disain khusus hingga tidak lagi menawarkan Molex 24 pin seperti motherboard kebanyakan. Artinya, pengguna tidak bisa sembarangan mengganti PSU pihak ketiga, sekalipun sama-sama ber-form-factor SFX.

Dengan kapsitas 200 watt, pengguna sebenarnya masih bisa menggunakan add-on GPU dari seri low-profile seperti Nvidia GeForce GT 1030.

  • Unique

Target pengguna utama ASUS S641MD bisa disimpulkan adalah pengguna rumahan (anggota keluarga) yang butuh media komputasi untuk produktifitas sehari-hari. Walau tidak menutup kemungkinan, bisa juga jadi solusi untuk pengguna SMB (Small-Medium Business).

Dengan dimensinnya yang ringkas, menempatkan produk ini dimanapun disekitar meja kerja, harusnya bukan isu sulit. Tapi dengan kelebihan pada front panel-nya yang unik, saya sarankan sih kamu tempatkan PC ini di atas meja.

Terlepas dari siapapun pengguna dan bagaimana nantinya PC ini ditempatkan, ASUS saya lihat tidak main-main memberi solusi PC build up dengan memaksimalkan komponen kelas high-end yang mendukung penggunaan jangka panjang.

Jadi buat kamu yang mencari dektop PC build up, dengan nilai tambah durabilitas yang baik, ASUS S641MD ini bisa kamu pertimbangkan. Gimana menurut kamu?

rifanfernando

leave a comment

Create Account



Log In Your Account