Review BenQ Zowie XL2546K – Monitor yang keren ajah!

Apa yang coba tim Skyegrid Media sampaikan di artikel review BenQ Zowie XL2546K ini, semoga bisa memperluas wawasan kita tentang bagaimana sebuah monitor bisa memaksimalkan gaming experience kita.

Memilih monitor kelas kompetisi bukan perkara mudah. Selain harus faham betul fitur apa yang dibutuhkan, kita juga wajib pake banget, mengindentifikasi secara spesifik, berbagai profil tampilan yang kita butuhkan, untuk jenis game yang akan dimainkan.

  • Spesifikasi

BenQ Zowie XL2546K

Panel Size (diagonal)

2‎4.5″ TN

Display Viewing Area (HxV)

543.744 x 302.616 (mm)

Refresh Rate

240Hz

Display Surface(non-glare/ glare)

Non-glare

Color Saturation

Max Resolution

1920 x 1080 at 240Hz (HDMI 2.0, DP)‎‎

Pixel Pitch

0.28

Brightness

2320 cd/m2 (TYP)

Contrast Ratio

1000:1

Dynamic Contrast Ratio

1‎2M:1

Viewing Angle

1‎78°(H)/178°(V)

Display Colors

8‎ bits

Response Time

1‎ms (MPRT)

Fast liquid crystal

No

Low Blue Light‎

Yes

Flicker-free

Yes (DyAc off)

Signal Input

HDMI 1.4 x2
Display port 1.2 x1

Earphone Jack

Yes

Speaker

USB port(s)

Downstream x2, Upstream x1

Power Type

Build-in

Power Consumption

5‎5W (Max)

Power Saving / Power Off Mode

0‎.3W / 0.2 W

Voltage

AC 100V – 240V

Tilt(angle)

-5°~+20°

Height Adjustment (mm)

1‎30mm

Swivel (left/right)‎

45 / 45

Pivot 90°

Yes

VESA Wall Mounting(mm)

Yes, 1‎00*100mm

Kensington lock

Yes

Phys. Dimension with Stand(WxHxD)

515.43 (Highest) / 445.75 (Lowest) x 569.94 x 226.04‎

Net / Gross Weight (Esti.)

7‎.5 / 11.3

Accessories

Dust Cover

Shield

S-Switch

DP 1.2 cable (1.8m)

Power cable (1.8m)

USB cable/QSG/Warranty card

Baca juga: Gigabyte G27FC Gaming Monitor

  • Fitur

– DyAc™ Technology

Teknologi eksklusif ZOWIE – Dynamic Accuracy (DyAc™), memperbaiki beberapa masalah dalam game yang seringkali dikeluhkan seperti area buram. Tentu saja hal ini sangat mengganggu konsentrasi dan memperlambat keputusan gamer.

Dynamic Accuracy (DyAc™), memungkinkan gamer untuk melihat posisi crosshair dan impact point dengan lebih jelas, hingga dapat membantu pengendalian recoil.

– Native 240Hz Refresh Rate

Dengan native refresh-rate 240Hz, unit review BenQ ZOWIE XL2546K ini memastikan pengguna menangkap setiap detail gerakan tanpa ada fragmen yang tertinggal. Saat frame demi frame gameplay digambar dengan sangat lancar, disitulah nikmat bermain game paling hakiki yang akan kamu dapatkan dengan sebuah monitor gaming beneran.

Tapi, pastikan spesifikasi dan kinerja PC kamu sudah sesuai ya. Karena untuk menikmati refresh rate 240Hz sepenuhnya, jangan coba-coba pakai spek potato. Minim-minim, GTX 980, atau RX480

– Shield

Bentuknya yang seperti kuping, menempel pada sisi kiri kanan monitor, menurut beberapa orang mungkin terlihat aneh. Tapi saat kamu sudah mencobanya, beberapa perbedaan fill langsung menghampiri.

Misalkan saja penyempitan sudut pandang yang secara tidak langsung, menghadirkan perasaan tenang, serta menambah fokus kita pada layar.

– Black eQualizer

Ditembak oleh pengecut yang memanfaatkan area gelap dalam scene tentu sangat menjengkelkan. Tapi jika kamu bisa meminimalisir area gelap di layar, kamu bisa buat si pengecut menyesali keputusannya menjadi pembokong.

– 20 Color Profile

Tiap game, hadir dengan ciri khas warna yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat kita seringkali merubah-rubah preset profil warna untuk mendapat level paling nyaman untuk tiap game.

Seandainyapun kamu punya lebih dari 20 game, monitor ini mampu memyimpan hingga 20 profil warna berbeda untuk tiap-tiap game yang menurut kamu paling sulit di atur. Sisanya, mungkin kamu bisa pertimbangkan untuk menggunakan salah satu dari 20 profil warna tersebut, ke game yang tidak kebagian jatah profil.

– S-Switch

BenQ Zowie tampaknya menyadari, mengakses menu pada monitor salah satu aktifitas yang kadang bisa jadi sangat menyebalkan. Apalagi jika tombol monitornya tersembunyi, dan butuh sedikit meraba-raba.

Karenanya BenQ Zowie mendesain S-Switch untuk memudahkan akses ke menu monitor. Lewat S-Switch, pengguna juga bisa memanggil tiga (3) profil yang paling sering digunakan. Dan S-Switch ini punya memory onboard seperti layaknya mouse gaming yang bisa menyimpan profil macro di dalamnya. Jadi bisa bekerja tanpa driver.

– Full adjutable Viewing angle

Untuk memaksimalkan kenyamanan, tentu butuh sudut pandang paling tepat antara mata kita dan layar. Tipikal postur pengguna yang beragam, kadang jadi masalah untuk banyak produk monitor yang hadir tanpa opsi pengaturan ketinggian.

Pengatur ketinggian pada unit review BenQ ZOWIE XL2546K ini dapat dioperasikan hanya dengan satu jari sehingga Anda dapat dengan mudah menyesuaikan ketinggian monitor ke sudut pandang yang Anda inginkan,

  • Disain & dimensi

Hal yang paling ingin diketahui para calon pembeli monitor dari sisi disain dan material biasanya dimensi ketebalan, jarak main saat di tilt, juga kekuatan stand. Untuk disainnya sendiri, menurut banyak orang termasuk saya mungkin monitor ini kurang stylish,- bahkan cenderung kaku.

Untuk dimensi dan bobot, monitor ini juga belum masuk kategori compact. Namun masih memungkin untuk ditempatkan dibanyak sudut dengan kemampuan swivel, tilt dan juga pivot rotation-nya.

  • Performa

Untuk bahasan performa, kamu bisa lihat langsung di video yang kita embed di sini. Untuk lebih jelasnya, cuzz langsung ke Youtube channel kita ya!

  • Harga

– Segmentasi & target pengguna

Monitor dengan pilihan spesifikasi refresh rate 240 Hz, umumnya memang hadir dengan beberapa konsekwensi. Dan yang pasti, konsekwensi yang datang tidak akan sesuai ekspekatsi kamu yang mencari sebuah monitor gaming plus kualitas color gamut tinggi.

Jadi jelas, target pengguna produk ini pure seorang gamer yang tidak pernah berfikir melakukan editing foto pada monitor yang sama. Saat artikel ini tayang, harga monitor ini masih bertengger di kisaran 9,6 juta-an. Lebih lanjut kamu bisa cek official store BenQ Zowie di beberapa market place lokal ya!

  • Unique

Fitur yang hadir pada monitor ini menurut saya sudah bisa memenuhi semua hal yang sering di tuntut oleh para gamer, khususnya gamer kompetitif. Kamu tidak hanya akan dapatkan performa refresh rate tinggi, tapi juga beragam kemudahan (handling) yang jarang kamu bisa temukan pada monitor lain sekelasnya.

Kenapa saya tidak bahas tentang Panel TN-nya, karena ya memang tidak pada tempatnya. Yang tahu tentang dominos effect dari refresh rate tinggi, pasti tidak akan mempertanyakan kenapa bukan jenis IPS untuk panel yang di gunakan.

Gimana, tertarik?