Review OMEN Laptop 15 EN0013AX (R7 RTX 2060) – Gaming Laptop Paling “Cool”

Saya rasa tidak berlebihan ketika kami melihat banyak reviewer menyampaikan opini mereka bahwa Omen Laptop 15 EN0013AX (Ryzen 7 RTX 2060) ini adalah sebuah ‘pencapaian’ di pasar gaming laptop.

Karena yang tim Skyegrid Media dapati saat uji coba unit review Omen 15 versi Ryzen 7-4800 plus RTX 2060 ini juga banyak ‘WoW’ nya,- dibanding ‘Ugh’ nya.

  • Spesifikasi

HP OMEN Laptop 15 (EN0013AX)

Processor AMD Ryzen™ 7 4800H 4.(2.9 GHz base clock, 4,2 GHz max boost clock, 8 MB L3 cache, 8 cores)
Memory 2x 8GB 3200 MHz DDR4
Display FHD IPS (16:9) 144 Hz, 7 ms, 300 nits, 72% NTSC
Graphics AMD Radeon Vega

NVIDIA® GeForce RTX™ 2060 (6 GB GDDR6 dedicated)

Storage 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
Touch pad Imagepad with multi-touch gesture support; Precision Touchpad Support
I/O 1x SuperSpeed USB Type-C® 5Gbps signaling rate (DisplayPort™ 1.4, HP Sleep and Charge);

1x SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate (HP Sleep and Charge);

2x SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate;

1x Mini DisplayPort™;

1x HDMI 2.0a;

1x RJ-45;

1x AC smart pin;

1x headphone/microphone combo

Keyboard Backlit keyboard (optional) with 1.4mm key travel
Network 802.11ac (2×2) Wi-Fi® and Bluetooth® 4.2 combo

Integrated 10/100/1000 GbE LAN

Camera HD camera
Battery 6-cell, 70.9 Wh Li-ion polymer
Dimensions (mm) 35.79 x 23.97 x 2.25 cm
Weight (kg) 2.37KG

Omen 15 versi 2020 ini sejatinya hadir dengan opsi CPU dari Intel dan AMD. Dan untuk versi yang menggunakan AMD, memang benar HP terlambat mengisi lini Omen 15 dan menjadikan produk ini jadi laptop gaming bertenaga Renoir terakhir yang masuk etalase toko.

Review Omen Laptop 15 EN0013AX - Specification

Sejak di Indonesia belum dibuka opsi pemesanan cutom spec seperti yang sudah bisa dilakukan di HP US dan EU, jadilah hanya SKU jadi yang bisa diambil pengguna Indonesia. Nah, ada dua (2) versi Omen 15 2020 versi Ryzen 7 yang ditawarkan. Versi dengan Geforce GTX 1660Ti dan versi dengan Geforce RTX 2060 seperti unit review Omen Laptop 15 EN0013AX ini.

Baca juga: ASUS ProArt Station D940MX – Workstation PC mungil, tapi powerful

– Konektifitas

Review Omen Laptop 15 EN0013AX - left IO

– Opsi Upgrade

Sebagai sebuah laptop gaming, tentu spesifikasi jadi nilai jual utama. Dan bicara tentang spesifikasi, pasti melibatkan opsi upgrade. Saya akui, konfigurasi default Omen 15 bersi Ryzen 7-4800H ini sudah siap pakai. Jadi paling tidak menurunkan nafsu penggunanya untuk melakukan upgrade dalam waktu dekat.

Omen 15 versi 2020 ini sendiri menawarkan 2 slot m.2 PCIe dimana baru satu yang terpakai. Mengingat harga PCIe SSD yang sudah kian terjangkau, harusnya bukan sebuah pertimbangan berat akan absennya slot 2,5″ di laptop ini.

Konfigurasi RAM 2x 8GB 3200MHz nya pun sudah sangat cukup untuk berbagai komputasi. Pun begitu, Omen 15 ini punya 2 slot RAM yang bisa pengguna gunakan untuk meng-config ulang sisi RAM hingga 64 GB,- jika nanti sekeping RAM 32GB sudah umum tersedia.

  • Disain & Material

Perbedaan sangat signifikan, hadir pada disain sasis Omen Laptop 15 EN0013AX versi 2020 ini. Kini tampil lebih classy secara keseluruhan, terutama saat tertutup. Garis X dan sudut tajam yang sebelumnya sempat jadi ciri khas Omen, tak lagi dihadirkan. Overall, Omen 2020 ini seperti laptop profesional biasa yang hanya punya secuil signature gaming tersisa.

review Omen Laptop 15 EN0013AX - right IO

Layout motherboard yang kini lebih ringkas, hadir tanpa mengurangi opsi konektifitas dan ukuran baterai. Kini Omen Laptop 15 EN0013AX hadir layaknya laptop lain dengan konfigurasi IO port di sisi samping. Ada tambahan 1 exhaust vent juga di sisi kiri, yang didedikasikan membantu sirkulasi udara chip GPU.

Hanya yang saya sayangkan, rear IO yang disukai para profesional pengguna multi-display, dihilangkan demi kontruksi layout yang ikut dirombak. Juga pinggiran palm rest yang terasa sangat tajam, dan rawan bikin hilang konsentrasi saat in-game.

– Build Quality

review Omen Laptop 15 EN0013AX - Design 02

Omen seharusnya jadi lini produk gaming flagship yang menghadirkan perbedaan signifikan mulai dari sisi materialnya. Seperti kebanyakan produk laptop gaming premium dari brand lain, yang mengandalkan material logam sebagai pembeda dan tambahan durabilitas, dibanding produk mainstream gaming mereka.

HP nampaknya memposisikan Omen sebagai alternatif Pavilion Gaming 15, untuk pengguna yang prefer versi kalem. Sedangkan versi flagship, masih ada Omen X yang hadir lebih premium dari sisi material, fitur juga spesifikasi.

review Omen Laptop 15 EN0013AX - Build quality

Namun jika diperhatikan, HP cukup baik memaksimalkan disain laptop ini, hingga terasa efisien tapi tetap solid walau dibentuk dari material plastik. Omen 15 2020 kini hadir dengan posisi dual hings yang lebih kokoh, air intake vent berukuran besar dibagian bawah, juga finishing hitam doff yang membuat material plastiknya, nampak tetap premium.

Tapi plastik tetap plastik. Material ini tidak memiliki kepadatan yang bisa membuatnya lebih tahan pada tekanan. Hasilnya, flex di beberapa area masih bisa dijumpai. Paling terlihat parah ada pada rongga yang terbentuk, karena lekukan area keyboard.

Jadi jika kamu sudah membulatkan tekad menebus laptop ini, jangak banyak komplen perihal material dan build quality-nya ya.

Baca juga: Review Dread Out 2

– Workstation

Workstation Omen Laptop 15 EN0013AX - Workstation

Bagian tempat pengguna mengirim input ini juga tampill lebih clean. Walau tetap ada aura merah di sini, namun HP membuatnya lebih membaur hingga tak terlihat mencolok. Perbedaan tinggi permukaan area keyboard dan area plam-rest terlihat jelas di seri ini.

Ukur 'kekenyalan' tombol keyboard

Ini sedikit menyembunyikan ukuran key-travel Omen 15 versi 2020 ini yang lebih pendek dari versi 2019. Versi 2020 ini juga menghilangkan number key, tapi tidak menghilangkan areanya. Dimana area number key sekarang di isi oleh operational key seperti home, end, page up, dan page down.

Review Omen Laptop 15 EN0013AX - Touchpad

Touchpad kini hadir tanpa dedicated button untuk memberi area gliding lebih lega. Tekstur dibuat dove, dan berbeda dengan area palm-rest. HP tetap memperhatikan estetika dalam memposisilan touchpad. Fitur Windows Precission driver juga bisa ditemukan pada touchpad Omen 15 versi 2020 ini.

– Kemudahan pakai

Review Omen Laptop 15 EN0013AX - Keystroke

Key-stroke yang lebih pendek, ternyata tidak membuat experience mengetik jadi kehilangan fill tactile. Saya sendiri masih merasakan feedback yang lumayan berasa saat mengetik pelan maupun cepat.

number pad area pada HP Omen Laptop 15

Hanya saja posisi tombol power yang tidak umum, butuh sedikit waktu bagi saya untuk membiasakan diri agar tidak salah tekan. Tapi ada hal yang saya sukai, posisi dan ukuran tombol arah, menghadirkan rasa keyboard desktop PC yang nyaman digunakan untuk scrolling manual di layar.

  • Performa

Gaming Benchmark Omen laptop 15 2020

Saya sendiri bisa katakan, laptop ini hadir dengan performa maksimal yang bisa dihadirkan seluruh komponen bawaannya. Kinerja CPU 8 core – 16 thread dalam sasis yang cukup slim, mampu dijaga hingga tak saya temukan stuttering, maupun input lag.

Omen Laptop 15 2020 gaming test result

– Sistem pendingin

Review Omen Laptop 15 EN0013AX - Cooling Fan

Optimasi yang dilakukan HP pada unit review Omen Laptop 15 EN0013AX ini tak hanya dari sisi memaksimalkan kinerja komponen. Tapi juga memaksimalkan kinerja sistem pendingin dengan beberapa metode. Mulai dari penghitungan ulang sudut air flow, penempatan heatspreader hingga ke area VRAM, dan paling utama, penggunaan kipas bertekanan tinggi.

power manajemen Omen 15 2020

Bisa dilihat juga dari avarge CPU clock yang terjaga di 4,1 GHz setelah menjalankan berbagai game selama pengujian. Saya juga akhirnya membuktikan, apa yang Dave Lee, atau Youtuber dunia lain katakan, benar adanya. HP mendisain ulang laptop ini dengan sangat teliti, khususnya di sisi performa dan sistem pendingin.

  • Harga

Per artikel ini tayang, nampaknya harga Omen Laptop 15 EN0013AX versi AMD ryzen 7 ini belum berubah sejak awal dirilis sekitar bulan 9 2020 lalu,- yakni 21,3 juta. Selain spesifikasi yang sudah kita ulas di atas, pembeli juga akan mendapatkan bagpack ekslusif dan mouse gaming.

– Segmentasi & target pengguna

Konsep disain yang ditawarkan, jelas coba beradaptasi dengan banyak calon pengguna yang ingin tampil lebih ‘cool’. Walau banyak juga sebenarnya ABG yang kurang suka dengan disain ala space craft, dan lebih prefer men-spoiler config laptop yang mereka gunakan.

  • Unique

– Omen Command Centre

Review Omen Laptop 15 EN0013AX - HP command Center

Dibanding gaming dashboard di seri terdahulu, HP Command Center terbaru kini tampil lebih clean, yang menjadikannya lebih mudah dipantau juga digunakan.

Hadirnya seri ini di timeline akhir popularitas Renoir, cukup banyak disesalkan pengguna AMD Ryzen 4000 series. Tapi waktu tersebut dimanfaatkan HP dengan sangat baik mengasah sisi performa laptop ini dengan detail.

Tapi kaum mending tidak kehabisan alasan. Desas desus kemunculan Geforce RTX 2060 super, nampaknya dijadikan kambing hitam untuk terus mengibarkan “Mending Flag to the Max”.

Sekali lagi saya harus akui, Omen Laptop 15 versi AMD ini adalah laptop gaming AMD terbaik yang pernah saya uji. Belum pernah saya temui hardware AMD tidak stuttering, apalagi tanpa input lag. Tapi Omen Laptop 15 2020 ini, Beda!