Review SSD WD Black SN850 1TB

[SSD yang akan kita ulas kali ini ada di segmen menengah atas. Bukan karena dia sudah mendukung PCIe generasi 4 terbaru, tapi lebih karena chip NAND dan kontroler yang digunakan, mampu menghadirkan performa sekelas SSD kelas high-performance.

Review SSD WD Black SN850 1TB - Versus Samsung SM981

Sebelumnya, SSD Samsung PM981 merupakan salah satu SSD premium yang disegani

Dan di artikel kali ini kita akan bandingkan juga performanya dengan SSD Samsung PM981 bawaan sebuah laptop bisnis premium. Sebagai informasi, SSD Samsung PM981 ini dibanderol sekitar 5 juta rupiah (kurang-lebih). Sedangkan WD SN850 ini dibanderol 4 juta (kurang-lebih).

Baca juga: Review ASUS ProArt Station D940MX – Mini-PC Paling Potensial

  • Spesifikasi

Review SSD WD Black SN850 1TB - Spec

Sebelum masuk ke perbandingan performa, pastinya kamu harus tahu dulu spesifikasi yang ditawarkan WD Black SN850 ini. Apa saja kelebihan dari chip NAND yang digunakan, juga kontroler SSD kelas flagship dari WD ini.

Jika kamu lihat spesifikasi pada kemasan jual unit review SSD WD Black SN850 di atas, mungkin sebagian dari kamu juga ada yang baru pertama kali mengetahui, ada SSD dengan throughput hingga 7000 MB/s. Artinya, di atas kertas, performa SSD ini terhitung 2x lebih cepat dari sebuah SSD NVMe PCIe generasi 3 dengan empat (4) jalur PCI.

Kemampuan transfer data terutama di teknologi media penyimpanan komputer, memang sulit untuk di lihat perbedaannya secara kasat mata.

Jadi sangat mungkin, fill yang pengguna rasakan nanti saat menggunakan SSD ini, tidak terlalu terasa nyata. Apalagi jika sebelumnya kamu pengguna SSD kelas performance dengan interface PCIe gen 3 x4.

Berlanjut ke spesifikasi NAND yang digunakan. Unit review WD Black SN850 versi 1TB ini menggunakan chip NANDr hasil kolaborasi Toshiba Corporation dan Western Digital.WDC sendiri yakni, BiCS4 96L TLC.

Dipadukan dengan teknologi nCache 4.0 terbaru, yang menawarkan metode SLC hybrid yang mirip dengan TurboWrite milik Samsung pro series, namun dengan waktu ‘recharge’ data lebih cepat hingga membuatnya lebih durable.

Cukup masuk akal jika produk ini diklaim mampu bertahan hingga 600TB data write.

– Testing unit

Sayangnya, unit yang saya gunakan untuk mengukur performa unit review SSD WD Black SN850 ini hanya berupa sebuah laptop dengan m2 slot PCIe Generasi 3 x4. Alhasil, tidak semua kemampuan SSD ini bisa saya kail titik maksimalnya.

Baca juga: Review ASUS ExpertBook B9450 – Fitur Mahal untuk Patahkan Mitos

Tapi dengan masih minimnya produk motherboard, atau laptop dengan PCIe generasi 4, saya yakin pembeli SSD ini tetap menancapkannya di unit berkemampuan PCIe gen 3.

  • Performa – Versus Samsung PM981

[dt_fancy_title title=”AS SSD” title_align=”left” title_size=”small”][vc_row_inner][vc_column_inner width=”1/2″][vc_single_image image=”76613″ img_size=”medium” add_caption=”yes” alignment=”center”][/vc_column_inner][vc_column_inner width=”1/2″][vc_single_image image=”76612″ img_size=”medium” add_caption=”yes” alignment=”center”][/vc_column_inner][/vc_row_inner][dt_fancy_title title=”CrystalDisk Mark 8.0″ title_align=”left” title_size=”small”][vc_row_inner][vc_column_inner width=”1/2″][vc_single_image image=”76615″ img_size=”medium” add_caption=”yes” alignment=”center”][/vc_column_inner][vc_column_inner width=”1/2″][vc_single_image image=”76614″ img_size=”medium” add_caption=”yes” alignment=”center”][/vc_column_inner][/vc_row_inner][dt_fancy_title title=”PC Mark 8 Storage 2.0″ title_align=”left” title_size=”small”][vc_row_inner][vc_column_inner width=”1/2″][vc_single_image image=”76617″ img_size=”medium” add_caption=”yes” alignment=”center”][/vc_column_inner][vc_column_inner width=”1/2″][vc_single_image image=”76616″ img_size=”medium” add_caption=”yes” alignment=”center”][/vc_column_inner][/vc_row_inner]

[dt_highlight color=”” text_color=”” bg_color=””]*Kiri: WD Black SN850,- Kanan: Samsung PM981[/dt_highlight]

– Temperature

Review SSD WD Black SN850 - Max Temperature

  • Unique

– Dashboard

Review SSD WD Black SN850 - WD Dashboard

Yang unik dari produk SSD ini adalah hadirnya utility dengan berbagai informasi penting terkait status, kesehatan, firmware update utility, dan profil gaming untuk memaksimalkan performa.

Sayangnya tidak bisa kami uji karena device untuk testingnya bukan jenis produk gaming, melainkan hanya sebuah produk laptop profesional yang tidak memiliki kemampuan gaming.

Ada dua SN850 versi standar yang beredar. Polos, dan berikut heatsink. Tapi menurut web resmi WD, ada satu versi special edition yang masih berbasis SN850,- yakni SN850 CoD BlackOps edition.

Untuk versi polos seperti unit yang kita terima ini, lebih cocok digunakan oleh pengguna laptop, mini-PC, AiO-PC atau Desktop PC dengan motherboard standar yang tak menyertakan banyak space untuk tambahan pendingin.

Sedangakan versi dengan pendingin, cocok untuk pengguna PC Desktop yang menggunakan PC mereka dengan durasi pakai ekstreme, 8 jam lebih non-stop.

Nah, menurut saya produk ini menawarkan performa yang di luar ekspektasi dibanding harga jualnya. Belum terhitung nilai investasi jika nantinya kamu bisa sandingkan SSD ini dengan device yang sudah mendukung PCIe Gen 4.

Misal kamu gunakan SSD ini di laptop ultrabook seperti yang saya gunakan untuk melakukan testing, saya pastikan temperatur kerjanya masih sangat aman.

Good job WD!!

Oh iya, tak bosan-bosan saya ingatkan untuk follow akun social media kita untuk notifikasi terbaru, tentang konten-konten game dan hiburan ala Skyegrid Media